- Sarah Nur Fatimah



DRAFT PROPOSAL RISET
1.      Problem             : Lemahnya Pendidikan di Daerah Terpencil
-          Latar Belakang
Pendidikan merupakan wadah penting yang menjadi titik krusial pembentukan mental, spititual, sekaligus intelektualitas bagi generasi bangsa. Berbicara mengenai pendidikan di Indonesia memang tidak ada habisnya. Mulai dari prestasi-prestasi anak didik kita di tingkat nasional maupun international hingga rendahnya kualitas pendidikan di daerah terpencil. Masih kurangnya sarana dan prasarana dan kualitas pengajarnya yang pas-pasan menjadi salah satu faktor penyebab pendidikan di daerah terpencil terkesan tertinggal. Sehingga kemajuan pendidikan di Indonesia hanya terpusat di daerah perkotaan sedangkan di daerah terpencil kurang diperhatikan. Tak jarang kurangnya perhatian pemerintah itu mengesankan bahwa pemerataan pendidikan di Indonesia belum benar-benar adil seperti apa yang tercantum dalam UUD 1945.
2.       Tujuan                  : a. Memenuhi tugas yang diberikan pada mata kuliah
                                        Filsafat Ilmu UNNES.
                                   b. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah terpencil.
           c. Membantu menanggulangi masalah lemahnya pendidikan di daerah    
               terpencil.
                                           d. Sebagai bentuk perhatian mahasiswa terhadap masalah pendidikan yang
                                               berada di daerah terpencil.
3.      Pendekatan Riset        :
Pendekatan penelitian ini saya memilih menggunakan pendekatan kualitatif dikarenakan pendekatan ini merupakan pendekatan yang berkaitan juga dengan kehidupan ril. Kehidupan ril di sini maksudnya adalah kondisi yang sebenarnya mengenai pendidikan yang berada di daerah terpencil. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan menggunakan cara-cara yang digunakan oleh penelitian secara kuantitatif. Namun di sini akan lebih mudah jika menggunakan pendekatan kualitatif, yang merupakan pendekatan penelitian yang menghasilkan penemuan-penemuan yang tidak dapat dicapai dengan prosedur-prosedur statistik atau dengan cara kuantifikasi lainnya. Pendekatan kualitatif dalam hal ini sesungguhnya adalah prosedur tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku serta kondisi yang dapat diamati, sehingga data yang dikumpulkan adalah yang berupa kata atau kalimat maupun gambar (bukan angka).
4.      Jenis Penelitian            :
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif yang bertujuan menggambarkan fenomena tertentu secara lebih konkrit dan terperinci. Dengan begitu, bisa diketahui seperti apa keadaan sebenarnya di lapangan.
5.      Cara Mencari Data      :
Dalam penelitian ini, cara yang digunakan adalah dengan cara pengamatan, wawancara, serta survai. Pengamatan dan survai dilakukan di daerah terpencil yang bersangkutan. Kemudian wawancara terhadap warga-warga sekitar daerah tersebut.
6.      Kontribusi Ilmu           :
Kontribusi ilmu dalam proposal ini adalah pendidikan. Dimana ilmu pendidikan di sini adalah ilmu yang membicarakan masalah-masalah yang berkaitan dengan persoalan pendidikan. Kemudian hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah terpencil.
0 Komentar untuk "Draft Proposal Riset "