DRAFT PROPOSAL
RISET
1.
Problem : Lemahnya Pendidikan di Daerah
Terpencil
-
Latar
Belakang
Pendidikan merupakan wadah penting yang menjadi titik
krusial pembentukan mental, spititual, sekaligus intelektualitas bagi generasi
bangsa. Berbicara mengenai pendidikan di Indonesia memang tidak ada habisnya.
Mulai dari prestasi-prestasi anak didik kita di tingkat nasional maupun
international hingga rendahnya kualitas pendidikan di daerah terpencil. Masih
kurangnya sarana dan prasarana dan kualitas pengajarnya yang pas-pasan menjadi
salah satu faktor penyebab pendidikan di daerah terpencil terkesan tertinggal.
Sehingga kemajuan pendidikan di Indonesia hanya terpusat di daerah perkotaan
sedangkan di daerah terpencil kurang diperhatikan. Tak jarang kurangnya perhatian
pemerintah itu mengesankan bahwa pemerataan pendidikan di Indonesia belum
benar-benar adil seperti apa yang tercantum dalam UUD 1945.
2. Tujuan : a. Memenuhi tugas yang
diberikan pada mata kuliah
Filsafat Ilmu UNNES.
b. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di
daerah terpencil.
c. Membantu menanggulangi masalah lemahnya
pendidikan di daerah
terpencil.
d. Sebagai bentuk perhatian mahasiswa terhadap
masalah pendidikan yang
berada di daerah terpencil.
3.
Pendekatan
Riset :
Pendekatan penelitian ini saya memilih
menggunakan pendekatan kualitatif dikarenakan pendekatan ini merupakan
pendekatan yang berkaitan juga dengan kehidupan ril. Kehidupan ril di sini
maksudnya adalah kondisi yang sebenarnya mengenai pendidikan yang berada di
daerah terpencil. Akan tetapi tidak menutup
kemungkinan menggunakan cara-cara yang digunakan oleh penelitian secara kuantitatif. Namun di sini akan lebih mudah jika
menggunakan pendekatan kualitatif, yang merupakan pendekatan penelitian yang
menghasilkan penemuan-penemuan yang tidak dapat dicapai dengan
prosedur-prosedur statistik atau dengan cara kuantifikasi lainnya. Pendekatan
kualitatif dalam hal ini sesungguhnya adalah prosedur tertulis atau lisan dari
orang-orang dan perilaku serta kondisi yang dapat diamati, sehingga data yang
dikumpulkan adalah yang berupa kata atau kalimat maupun gambar (bukan angka).
4.
Jenis
Penelitian :
Jenis penelitian ini menggunakan jenis
penelitian deskriptif yang bertujuan menggambarkan
fenomena tertentu secara lebih konkrit dan terperinci. Dengan begitu, bisa
diketahui seperti apa keadaan sebenarnya di lapangan.
5.
Cara
Mencari Data :
Dalam penelitian ini, cara yang
digunakan adalah dengan cara pengamatan, wawancara, serta survai. Pengamatan
dan survai dilakukan di daerah terpencil yang bersangkutan. Kemudian wawancara
terhadap warga-warga sekitar daerah tersebut.
6.
Kontribusi
Ilmu :
Kontribusi ilmu dalam proposal ini
adalah pendidikan. Dimana ilmu pendidikan di sini adalah ilmu yang membicarakan
masalah-masalah yang berkaitan dengan persoalan pendidikan. Kemudian hasil
penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan
di daerah terpencil.
0 Komentar untuk "Draft Proposal Riset "